Latihan Structure TOEFL Exercise Skill 9-12 (2024)

Latihan Structure TOEFL Exercise Skill 9-12 (1)

Latihan TOEFL Structure untuk TOEFL exercise skill 9-12 beserta pembahasan lengkap dari buku Longman Preparation Course for the TOEFL Test.

Blok untuk kata yang merupakan subject dan blok dengan digarisbawahi untuk kata yang merupakan verb (kata kerja). Lalu tentukan kalimat yang benar dan kalimat yang salah.

1. No one explained to me whether was coming or not.
Jawaban: Incorrect/salah – missing subject (could be he was coming)

2. The part of the structure that has already been built needs to be torn down.
Jawaban: Correct/benar.

3. The girl who she just joined the softball team is great shortstop.
Jawaban: Incorrect/salah – extra subject (omit she)

4. I have no idea about when the meeting is supposed to start.
Jawaban: Correct/benar.

5. We have been told that we can leave whenever want.
Jawaban: Incorrect/salah – missing subject (could be we want)

6. The racquet with whom I was playing was too big and too heavy for me.
Jawaban: Incorrect/salah – incorrect connector (whom could be which)

7. I will never understand that he did.
Jawaban: Incorrect/salah – incorrect connector (that should be what)

8. He was still sick was obvious to the entire medical staff.
Jawaban: Incorrect/salah – missing connector (could be That he was)

9. What is most important in this situation it is to finish on time.
Jawaban: Incorrect/salah – extra subject (omit it)

10. The newspapers that were piled up on the front porch were an indication that the residents had not been home in some time.
Jawaban: Correct/benar.

Latihan TOEFL Structure 9-12 Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut.

1. Dolphins form extremely complicated allegiances and ___ continually change.
(A) enmities that
(B) that are enmities
(C) enmities that are
(D) that enmities
Pembahasan:
Kalimat ini memiliki subject = Dolphins dengan verb = form. Kata “anda” dalam kalimat ini bukanlah connector karena dilihat dari semua pilihan, tidak ada yang bisa memunculkan subject dan verb baru agar terbentuk satu klausa yang baru – ada connector that juga yang menghalanginya. Artinya, kalau “and” bukan connector antar klausa, fungsinya dalam kalimat ini adalah sebagai kata sambung antar kata atau frasa. Ada konsep yang namanya “parallel”, dimana part of speech kata yang muncul sebelum and, harus sama dengan setelahnya, misal kalau sebelum ada kata adjective beautiful, setelahnya juga harus sebuah kata adjective, dan seterusnya.

Dalam soal ini ada kata allegiances (noun), maka setelah and harus sebuah noun juga. Jadi, pilihan B dan D salah, karena that yang muncul dahulu (connector). Antara pilihan A dan C, pilihan A lebih tepat karena disoal ada verb kedua change, karena verb ini bentuk pertama – tidak membutuhkan to be.

Jawaban (A) enmities that

2. Scientists are now beginning to conduct experiments on ___ trigger different sorts of health risks.
(A) noise pollution can
(B) that noise pollution
(C) how noise pollution
(D) how noise pollution can
Pembahasan:
Subject dan verb utama kalimat sudah lengkap, yaitu scientist dan are beginning. Ada preposisi on sebelum titik-titik dan verb trigger. Artinya, kalimat ini mmebutuhkan subject untuk verb trigger dan artinya ada connector karena aka nada dua subject dan dua verb.

Pilihan yang tidak menawarkan connector dan subject, salah. Pilihan A dan C, salah. Antara pilihan B dan D, pilihan D lebih tepat karena verb “trigger” tidak memiliki -s. Noise pollution berbetntuk tunggal, jadi kalau dimasukkan kedalam kalimat, verb “trigger” harus memiliki -s (triggers).

Jawaban (D) how noise pollution can

3. The Apollo 11 astronauts ___ of the Earth’s inhabitants witnessed on the famous first moonwalk on July 20, 1969, were Neil Armstrong and Buzz Adrin.
(A) whom
(B) whom millions
(C) were some
(D) whom some were
Pembahasan:
Kalimat ini memiliki dua koma, berarti ditengahnya adalah sebuah appositive. Subject kalimat adalah The Apollo ll astronauts dan verbnya adalah were (to be). Subject dan verb kalimat sudah lengkap, artinya pilihan yang menawarkan subject atau verb, salah. Pilihan C salah. Pilihan yang lain semua menawarkan connector whom. Connector whom digunakan untuk menggantikan object, artinya setelah connector whom akan ada subject dan verb.

Di soal, setelah titik-titik tidak ada subject tetapi ada verb = witnessed. Artinya, kalimat ini membutuhkan connector dan subject. Pilihan A salah karena hanya menawarkan connector. Pilihan C salah karena memiliki verb. Pilihan B benar karena ada connector dan subject = millions.

Jawaban (B) whom millions

4. At the end of the nineteenth century, Alfred Binet developed a test for measuring intelligence ___ served as the basis modern IQ tests.
(A) has
(B) it has
(C) and
(D) which has
Pembahasan:
Kalimat sudah meiliki subject = Alfred Binet dan verb = developed. Setelah titik-titik ada verb = served. Artinya, kalimat ini miliki 2 verb, dimana ada sebuah connector. Jadi, pilihan yang tidak menawarkan connector, salah. Pilihan A dan B, salah.

Pilihan C salah karena kalau “and” berfungsi sebagai connector atar klausa, akan ada subject didepannya. Pilihan D benar karena connector which bisa berfungsi sebagai subject dan connector sekaligus dalam kalimat dengan verbnya = has served.

Jawaban (D) which has

5. ___ have at least four hours of hazardous materials response training is mandated by federal law.
(A) All police officers
(B) All police officers must
(C) That all police officers
(D) For all police officers
Pembahasan:
Kalimat ini sudah memiliki dua buah verb, yaitu have dan is mandated, artinya kalimat ini membutuhkan sebuah connector. Pilihan yang tidak menawarkan connector, salah. Pilihan A, B, dan D salah. Pilihan C benar karena ini adalah bentuk noun clause yang berfungsi sebagai subject. Subject utama kalimat adalah noun clause “that all police officers have at least four hours of hazardous materials response training” dan verbnya “ is mandated”.

Jawaban (C) That all police officers

6. A cloud’s reservoir of negative charge extends upward from the altitude at ___ the freezing point.
(A) temperatures hit
(B) hit temperatures
(C) which temperatures hit
(D) which hit temperatures
Pembahasan:
Kalimat sudah memiliki subject dan verb, yaitu A cloud’s reservoir dan verb = extends. Semua pilihan menawarkan verb “hit”. Artinya, kalimat akan memiliki connector karena ada vebr yang kedua. Pilihan yang tidak menawarkan connector, salah. Pilhan C dan D, salah. Pilihan D salah, karena temperatures bukan sebuah verb. Pilihan C benar, karena menawarkan connector, subject, dan verb.

Jawaban (C) which temperatures hit

7. In a 1988 advanced officers’ training program, Sampson developed a plan to incorporate police in enforcing environmental protection laws whenever ___ feasible.
(A) it is
(B) is
(C) has
(D) it has
Pembahasan:
Kalimat sudah memiliki subject dan verb utama, yaitu Sampson dan developed. Lalu, ada connector whenever, berarti kalimat membutuhkan subject dan verb untuk dependent clause ini. Pilihan yang tidak menawarkan subject dan vebr, salah. Pilihan B dan C salah.

Pilihan D memiliki verb “has” sedangkan setelah titik-titik ada adjective “feasible”. Verb “has” bisa digunakan untuk noun, misal she has two cars. Jadi, pilihan D salah. Pilihan A benar karena setelah to be bisa diikuti oleh adjective. Feasible = possible.

Jawaban (A) it is

8. ___ will be carried in the next space shuttle payload has not yet been announced to the public.
(A) It
(B) What
(C) When
(D) That
Pembahasan:
Kalimat terlihat memiliki dua verb, yaitu will be carried dan has not yet been announced. Artinya, kalimat ini memiliki connector. Dan subject sebelum verb “will be carried” belum ada. Ini berarti kalimat ini membutuhkan satu connector dan subject. Pilihan yang tidak menawarkan ini, salah. Pilihan A salah.

Pilihan B, C, dan D semuanya hanya menawarkan connector, artinya kita harus memilih connector yang bisa langsung berfungsi sebagai subject. Antara pilihan B, C, dan D, pilihan B lebih tepat karena kalimat merujuk pada apa yang akan dibawa.

Jawaban (B) What

9. During free fall, ___ up to a full minute, a skydiver will fall at a constant speed of 120 m.p.h.
(A) it is
(B) which is
(C) being
(D) is
Pembahasan:
Kalimat sudah memiliki subject = a skydiver dan verb = fall. Artinya, kalau ada subject dan verb, harus ada connector. Jadi, kalimat membutuhkan connector, subject, dan verb. Pilihan yang tidak menawarkan ini salah. Pilihan A, C, dan D salah. Pilihan B benar karena connector which sekaligus berfungsi sebagai subject dan verbnya = is (to be)

Jawaban (B) which is

10.The fact ___ the most important ratings period is about to begin has caused all the networks to shore up their schedules.
(A) is that
(B) of
(C) that
(D) what
Pembahasan:
Kalimat terlihat memiliki dua verb, yaitu is (to be) dan has caused. Ini berarti kalimat memiliki connector. Pilihan yang tidak menawarkan connector, salah. Pilihan B salah. Subject dan verb utama kalimat ini adalah the fact dan has caused. Berarti subject untuk is adalah the most important ratings period.

Sekarang, tinggal tentukan connector mana yang coco*k untuk kalimat. Pilihan A salah, karena menawarkan verb/ to be is sedangkan kalimat sudah memiliki verb. Antara connector that dan what, connector that lebih tepat untuk kalimat.

Jawaban (C) that

Sekian Latihan TOEFL Structure untuk skill 9-12 beserta pembahasan dari buku Longman Preparation Course for the TOEFL Test. Semoga TOEFL exercise 9-12 tadi dapat membantu teman-teman dalam belajar TOEFL.

Buat kalian yang ingin belajar lebih jauh tentang TOEFL, kalian bisa langsung klik link berikutAmbiz TOEFL Masterclass. Disini kalian bisa belajar TOEFL secara online dengan animasi visual yang interaktif.Ambiz TOEFL Masterclasscoco*k untuk kalian yang tidak punya banyak waktu untuk belajar TOEFL Masterclass dan bingung mencari buku-buku mana saja yang akan kalian pakai.

Selain itu,Ambiz TOEFL Masterclassjuga hadir dengan harga yang terjangkau, jadi kalian tidak perlu les sana sini dengan biaya yang mahal. Jika kalian sibuk, kalian tetap bisa mengakses materi diAmbiz TOEFL Masterclassselama 24 jam dimanapun kalian berada.

Daftar Sekarang:Ambiz TOEFL Masterclass– Belajar TOEFL dengan Animasi Visual Interaktif

Baca juga: Latihan TOEFL Structure skill 6-8
Baca juga: Latihan TOEFL Structure skill 13-14

Pengen belajar TOEFL Structure dengan Animasi Visual Interaktif?
Yuk klik disini: Belajar TOEFL dengan Animasi Visual Interaktif

Baca juga: Download Soal Structure dan Kunci Jawaban

Latihan Structure TOEFL Exercise Skill 9-12 (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Kelle Weber

Last Updated:

Views: 6190

Rating: 4.2 / 5 (73 voted)

Reviews: 88% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kelle Weber

Birthday: 2000-08-05

Address: 6796 Juan Square, Markfort, MN 58988

Phone: +8215934114615

Job: Hospitality Director

Hobby: tabletop games, Foreign language learning, Leather crafting, Horseback riding, Swimming, Knapping, Handball

Introduction: My name is Kelle Weber, I am a magnificent, enchanting, fair, joyous, light, determined, joyous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.